Cara Menanam Kapulaga Dan Manfaatnya Sebagai Tanaman Obat

Pernahkah Anda mendengar kapulaga? Tentu saja bagi Anda yang sering menggunakan bahan herbal sudah tidak asing lagi dengan tanaman kapulaga. Tanaman ini sudah terknenal keseluruh penjuru dunia sebagai bahan obat-obatan alami. Manfaat kapulaga memang baik untuk kesehatan jadi tidak heran jika banyak yang sudah menggunakannya.

Kapulaga merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan jahe. Kapulaga dapat tumbuh subur di daerah tropis oleh sebab itu sangat bagus di tanam di negara kita. Menurut berbagai sumber, kapulaga berasal dari India, dan di luar negri tanaman ini biasa disebut cardamom.

Cara Menanam Kapulaga


cara menanam kapulaga dan manfaatnya

Selain sebagai tanaman obat, Anda juga bisa menanam kapulaga di dalam pot sehingga dapat berfungsi sebagai media hijau yang mentegarkan mata. Tanaman kapulaga sangat baik ditanam dalam suhu yang hangat yaitu kurang lebih 22 derajat celcius. Jika kapulaga berada pada suhu yang terlalu dingin maka tanaman ini akan mati. Salah satu alternative pilihan yang bagus untuk menanam kapulaga adalah di kamar mandi karena dapat menjaga kehangatan dan kelembaban tanaman ini.

Lantas bagaimana cara menanam kapulaga? Simak ulasan di bawah ini seperti yang dilansir dari vemale.com.

Sediakan pot yang besar
Jika Anda berencana menanam kapulaga di dalam rumah, sebaiknya siapkan pot dengan ukuran yang besar karena tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi tiga setengah meter. Dan juga pastikan untuk meletakkan pot pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung atau tempat yang teduh.

Pemilihan media tanah
Sebaiknya pilihlah tanah yang subur yang dapat menjaga kelembaban sehingga akar tanaman bisa terus basah. 

Penanaman bibit kapulaga
Setelah Anda mendapatkan tanah yang subur maka segera masukkan ke dalam pot untuk melakukan penanaman kapulaga. Tanamn kapulaga dengan kedalam 4 cm dan siram tanah tersebut setelah melakukan penanaman.

Perawatan kapulaga
Untuk perawatan kapulaga sehari-hari, cukup siram tanaman tersebut secara rutin dan teratur agar tanah tidak mengering. Untuk penggunaan pupuk, Anda dapat menggunakan pupuk yang tinggi nitrogen dan rendah potassium. Namun jika Anda menanam dalam ruangan, maka kurangi frekuensi pemupukan.

Masa panen kapulaga
Biji kapulaga dapat di panen pada usia tiga tahun, namun untuk daunnya dapat dipetik setiap saat sebagai pembungkus makanan. Jadi untuk bisa menggunakan biji kapulaga sebagai bahan obat-obatan Anda harus sedikit bersabar. 

Berikut ini beberapa manfaat kapulaga yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh.
  • Baik untuk darah, bagi penderita hipertensi, kapulaga sangat baik sekali karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi darah. Selaiin itu, kapulaga juga dapat mencegah pembekuan darah dengan menghentikan agregasi platelet.
  • Baik untuk tulang, kapulaga dapat membantu mencegah osteoporosis karena mengandung dua zat penting yaitu mangan dan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.
  • Analgesik, kapulaga merupakan salah satu obat tradisional analgesik yaitu penahan rasa sakit serta dapat membantu mengatasi kontra nyeri sendi, nyeri oto dan kejang. Selain itu kapulaga juga memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengatasi gusi bengkak.
  • Baik untuk ginjal, dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa kapulaga memiliki sifat diuretik dan sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Kapulaga juga bermanfaat mengatasi penyakit lain dari saluran kemih seperti nefritis dan sistitis.
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kapulaga dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk melawan bakteri dan pantogen lainnya.
Jadi tidak ada salahnya jika Anda memiliki sendiri tanaman obat kapulaga, sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda tidak perlu repot mencarinya. Selain kapulaga, Anda juga bisa mencoba manfaat buah naga yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Tertarik untuk mencoba cara menanam kapulaga diatas?

1 Response to "Cara Menanam Kapulaga Dan Manfaatnya Sebagai Tanaman Obat"